Cara membuat SIM C (sepeda motor)

selamat siang!

mungkin masih banyak diantara kalian yang bingung cara membuat sim yang baik dan benar, banyak juga yang mikir cara buat SIM itu ribet dan repot dan akhirnya memilih membuat melalui calo.
maka dari itu gue disini mau berbagi pengalaman gue kemarin membuat SIM C tanpa melalui calo.

nah persiapan pertama untuk membuat SIM itu sebenernya mudah banget kalo emang niat buat SIM dengan cara murni dan gak lewat calo.
pertama yg dibutuhkan adalah Foto Copy KTP, pastinya kita harus punya KTP dulu untuk bisa membuat SIM, biar mudah kita foto copy banyak aja.
setelah KTP maka kita butuh foto copy keluarga, ini penting juga tapi kalo gak ada kayaknya gak masalah deh.
dan yang terakhir adalah UANG, yaiyalah masa gak pake uang.. eits tapi ini jauh lebih murah dibanding kita membuat melalui calo yang bisa mencapai 500 ribu rupiah untuk SIM C

oke persiapan udah siap, niat sudah terkumpul maka kita langsung menuju polres untuk buat SIM, nah berhubung gue berada di Bekasi maka gua buatnya di Polres Bekasi kota (dekat alun alun dan stasiun bekasi)

hal pertama yang kita lakuin adalah buat surat keterangan kesehatan, yang posisinya berada dibelakang kantor polres, langsung masuk aja kita disana cuman diminta keterangan tinggi badan dan berat badan aja kok, setelah itu bayar sebesar 25 ribu dan langsung menuju tempat pembuatan SIM didalam.

selanjutnya didalam kita akan melakukan proses administrasi, untuk SIM (C 100 ribu) dan SIM A (120 ribu) setelah membayar kita juga disuruh membayar asuransi yang sudah tersedia sebesar 30 ribu.

langkah selanjutnya adalah mengisi formulir mengenai data diri kita, dan mebaca semua peraturan dan persyaratan yang tersedia, selanjutnya kita akan melakukan TES TERTULIS.
disini kalian  akan diberikan 30 pertanyaan pilihan ganda yang mengenai tentang lalu lintas, cukup mudah apabila sudah tahu dasar tentang berkendara.

sip! selanjutnya apabila kalian telah lulus tes tertulis maka berlanjut ke TES PRAKTIK (dan bagian ini yg cukup sulit buat gue) disini kalian akan menguji cara berkendara kalian dengan baik dan benar, sebenarnya mudah tapi kalau grogi jadinya susah, ada beberapa tes seperti lurus, belok kanan dan kiri lalu ada zig zag (bagian yg selalu salah) kalian harus sempurna saat praktik tidak boleh menjatuhkan balok balok yg sudah ada.

nah kalau sudah lulus kedua ujian tersebut kalian sudah bisa mendapatkan SIM kalian hari itu juga, langsung menuju ruang photo, difoto, tunggu sebentar dan BOOM! SIM kalian sudah jadi deh...
gampang kan? sehari juga jadi kok asal kalian niat dan mau berusaha pasti bisa.

ah bagaimana kalau testnya tidak lulus? tenang pak polisinya baik kok, kalian akan diberi kesempatan untuk mengulang tanpa perlu membayar lagi, selang waktu untuk mengulang adalah 1 minggu, waktu itu cukup untuk kalian belajar dan berlatih.

oke jadi berapa biaya yg harus dikeluarkan untuk membuat SIM C?
surat keterangan kesehatan (25 ribu)
administrasi (100 ribu)
asuransi (30 ribu)
bayar parkir ( 2 ribu)
beli minum kalau panas (5 ribu)

jadi totalnya adalah 155 ribu!! jauh lebih murah dibanding kita melalui calo yang sampai 500 ribu
tapi sayang saya lupa memfoto prosesnya, maaf yaa

nah untuk SIM A prosesnya kurang lebih sama hanya beda pada test praktiknya saja.
untuk perpanjangan biayanya adalah SIM C (75 ribu) dan SIM A (80 ribu)

Komentar

Postingan Populer